Vitamin D

Vitamin D sebenarnya merupakan pro hormon yang dihasilkan tubuh saat kulit terpajan sinar matahari. Beberapa bahan pangan seperti kuning telur, produk susu yang telah difortifikasi vitamin D, ikan berlemak, dan hati banyak mengandung vitamin D (tetapi hati tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering karena kolesterolnya amat tinggi dan juga merupakan tempat bersarangnya kontaminan dari lingkungan).
Kekurangan vitamin D menyebabkan riketsia, penyakit masa kanak-kanak yang menjadikan tulang lunak dan tak mampu melakukan klasifikasi.

Di negara kita yang setiap tahunnya berlimpah sinar matahari, tak perlu khawatir akan mengalami defisiensi vitamin D. Hanya diperlukan 20-30 menit sinar matahari di kulit untuk menghasilkan vitamin D yang cukup. Tapi, bila seandainya Anda membutuhkan suplemen vitamin D, konsultasikan dahulu dengan dokter, karena terlalu banyak vitamin D bisa bersifat toksik.

Vitamin B12
Vitamin B12 dihasilkan oleh mikroorganisme yang hidup di dalam usus manusia, usus hewan, dalam tanah, dan air. Kebutuhan tubuh manusia akan vitamin B12 amat kecil dan butuh bertahun-tahun sebelum defisiensi vitamin B12 terjadi. Sayangnya, kita tak dapat mengandalkan vitamin B12 yang dihasilkan tubuh. Karena itu, kita harus mendapatkannya dari makanan. Semua produk hewani mengandung vitamin B12, sehingga para lacto atau lacto-ovo vegetarian yang mengonsumsi telur dan produk susu secara teratur bisa mendapat cukup vitamin B12.

Sebaliknya,para vegan dianjurkan untuk mencari sumber vitamin B12 yang dapat diandalkan. Tumbuhan tidak mengandung vitamin B12, kecuali pada buah atau sayuran yang padanya masih melekat tanah ( yang mungkin mengandung mikroorganisme penghasil vitamin B12). Tetapi, maukah Anda mencabut wortel dari tanah, mengibaskan kotorannya, dan langsung memakannya? Kita telah terbiasa mencuci bersih sayuran dan buah-buahan, hingga vitamin B12 ‘alami’ tak tersisa.

Sumber terbaik vitamin B12 bagi kaum vegan adalah suplemen atau makanan yang telah diperkaya dengan vitamin B12. Periksalah label makanan kemasan, dan cari cyanocobalamin, yang merupakan bentuk vitamin B12 yang secara fisiologis aktif bagi manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s