Kunyit Diakui Dunia Sebagai Obat

84Ilmuan kuno, Hippocrates, berpendapat bahwa tanaman bermanfaat melepaskan seseorang dari cengkeraman penyakit. Dan kunyit, salah satu dari tanaman dimaksud, ternyata bermanfaat sebagai obat serbaguna. Pengalaman empiris masyarakat dan penelitian modern telah membuktikan hal itu. Karena itu kunyit mulai diperhitungkan sebagai bahan obat modern tanpa efek samping.

85Siapa tak kenal kunyit (curcuma domestica)? Tanaman anggota keluarga Zingiberaceae ini memang cukup akrab dengan dapur. Lihat saja, hampir semua masakan nusantara menggunakan kunyit sebagai penyedap maupun pewarnanya. Karena itu tak heran jika tanaman itu banyak ditanam di pekarangan ruamah sebagai salah satu komponen dapur hidup.
Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga telah dipakai secara turun-temurun sebagai obat tradisional, baik dalam pemakaian tunggal maupun dalam ramuan bersama tanaman lain, terutama pada masyarakat timur. Masyarakat Cina yang sangat terkenal dengan cara pengobatan tradisionalnya bahkan telah menjadikan sebagai bahan obat sejak ratusan tahun lalu.

Obat Multiguna
Dalam pengobatan tradisional, rimpang tanaman inilah yang paling banyak dipakai baik sebagai obat luar maupun obat minum. Rimpang berwarna kuning ini biasanya akan dibuat tepung, pasta, salep, minyak, lotion, obat hirup (inhaler), permen, atau hanya direbus seperti begitu saja bersama bahan lain. Memang proses penyembuhannya relatif lambat, namun kemampuan rimpang ini sebagai antibakteri, stimulan (merangsang aktivitas saraf untuk sementara waktu), tonik (memulihkan semangat tubuh atau organ tertentu), dan astringent (bahan penyebab kontraksi jaringan) tidaklah mengecewakan.
Sebagai obat luar, parutan rimpang kunyit dicampur minyak kelapa dipakai sebagai obat luka dan minyak pijat untuk bagian tubuh keseleo atau bengkak. Pada penyakit cacar dan cacar air, satu lapisan bubuk atau pasta kunyit akan memudahkan proses pengeringan lika. Jika dicampur kapur sirih dan jeruk nipis, jadilah ramuan itu sebagai obat eksim. Kunyit juga sering dipakai sebagai obat otorrhoea (penyakit telinga bernanah) jika dicampur tawas dan diteteskan ke telinga penderita. Uap dari rimpang kunyit panas juga dipakai sebagai inhaler-penyembuhan radang selaput hidung yang menyebabkan penymbatan hidung atau beberapa gejala flu lainnya.
Sebagai obat minum, kunyit juga manjur untuk menyemnuhkan banyak macam penyakit. Lihat saja, sejak dulu campuran kunyit dan temulawak dipakai di India sebagai obat diuretik (memperlancar ekskresi urine). Air rebusan rimpang kunyit diketahui sebagai obat antidiare dan penambah nafsu makan. Untuk gangguan pencernaan seperti maag dan perut kenbung, masyarakat juga sering ramuan obat terdiri dari sari kunyit, telur ayam kampung, dan madu. Segalas air perasan kunyit konon juga dapat menyembuhkan penyakit hipertensi.
Untuk penyakit bronchitis dan batuk kronis, ramuan obat yang berupa air rebusan rimpang kunyit, jahe, dan gula merah dapat diminum secara teratur, rebusan rimpangnya dicampur bahan lain juga akan merangsang produksi sel darah, melancarkan peredaran darah, dan menghentikan pendarahan.

Bahan Obat Modern
Pengalaman masyarakat tradisional menggunakan kunyit sebagai obat, tampaknya cukup menjadi acuan bagi para ahli farmakalogi untuk memperhitungkan pemakaian kunyit dalam pengobatan modern (modern phytoteraphy). Lihat saja, beberapa rumah sakit saat ini mulai memanfaatkan cairan infus dari sari rimpang kunyit untuk pasiennya yang menderita penyakit lever.
Berbagai penelitian farmakologi pun terus membuktikan kemanjuran kunyit. Seperti dilakukan Pusat Penelitian Obat Tradisional (PPOT) UGM yang telah membuktikan lewat uji klinik, rimpang kunyit memang mampu menurunkan jumlah tukak lambung dan menyembuhkan gangguan penyakit maag tanpa efek samping. Pusat Penelitian Makanan di Amerika Serikat juga tak kurang melakukan berbagai penelitian untuk menelaah manfaat kunyit dan kayumanis ternyata berpeluang mengobati penyakit diabetes, karena ramuan itu dapat melipatgandakanĀ  kemampuan kerja insulin untuk menguraikan glukosa. Penelitian Elson Haas, ahli obat tradisional di Pusat Medis Marin San Rafael, Kalifornia, Amerika Serikat juga membuktikan bahwa kemanjuran kunyit memang dapat diandalkan tanpa efek samping.
Dalam rangka pembuatan obat-obat fitofarmaka pun, para ahli terus memburu kunyit sebagai obyek penelitian mereka, terutama di saat banyak pihak mulai meragukan khasiat obat sintetis dalam pengobatan penyakit. Terbukti PT Darya-varia laboratoria, sebuah perusahaan farmasi Indonesia, berhasil mensintesa komponen-komponen murni kurkuminoid dan minyak asiri di dalam kunyit untuk mempatenkan obat fitofarmaka anti rematik. Hal yang sama dilakukan pula oleh dokter Nurzima Aznam dari IKP Yogyakarta, dengan mensintesa beberapa turunan kurkumin kunyit untuk mendapatkan obat anti inflamasi yang efektif. Di India, para ahli farmakologi bahakan sedang berupaya menemukan obat efektif anti kanker dengan bahan baku kunyit.

Kaya Zat Alamiah Berkhasiat
Memang wajar jika kemanjuran kunyit sebagai obat dapat dibuktikan dengan kacamata ilmu modern. Sebab tanaman ini mengandung banyak macam zat alami yang berguna bagi kesehatan tubuh. dari berbagai uji farmakologi diketahui, ternyata zat kurkumin sebagai pemberi warna kuning pada rimpang tanaman inilah yang berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi dalam proses penyembuhan luka dan peradangan jaringan.
Kunyit juga menghasilkan sekitar 3% minyak asiri (Kolatile Oil) yang mengandung turmerol, d-a-phellandrene, sinel, ziniberon, borneol, karvon, dan kurkumun. Minyak asiri ini telah dibuktikan memiliki fungsi pencegah produksi asam lambung secara berlebihan. Sedangkan zat kurkuminnya berkhasiat merangsang dinding kantung empedu agar giat menghasilkan cairan empedu untuk memecah lemak, sehingga proses pencernaan lebih lancar. Karena itulah dia ampuh sebagai obat maag.
Kunyit juga masih mengandung 3% lemak, 30% karbohidrat, 8% protein, vitamin C, dan garam-garam mineral berupa besi, fosfor, dan kalsium. Zat-zat gizi itulah yang menyebabkan kunyit bermanfaat sebagai tonik bagi tubuh manusia. Manfaat kunyit sebagai penambah darah juga tidak terlepas dari adanya zat besi yang dikandungnya. Selain mengandung zat-zat tersebut, para ahli masih menduga bahwa kunyit juga mengandung zat-zat lain yang belum terungkap yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s