NGE-BLOG SAMPE (JEMPOL) JEBLOG

74
Kalau sobat adalah cyberholic, pasti nggak asing dong dengan istilah blog. Trend nge-blog di kalangan remaja sekarang ini memang sedang mewabah. Selain karena blog memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan layanan e-mail dan chatting, yang lebih dulu akrab di kalangan remaja, pembuatan blog juga tak serumit website pribadi. Trus, gimana sih blog bisa jadi tren di kalangan remaja dewasa ini? Apa manfaat punya blog dan bagaimana memanfaatkannya?
73

Blog : Si Makhluk Ambigu

Weblog atau biasa disingkat blog adalah sebuah aplikasi web pribadi yang dapat di-update secara periodik dan kontinyu yang beisikan tulisan-tulisan (posting) pada sebua halaman web umum. Blog merupakan situs yang sengaja dibuat seseorang dan dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna internet lainnya. Singkatnya, blog adalah catatan pribadi seseorang di internet, yang bisa dibaca siapa saja yang mengaksesnya.
Blog seringkali diidentikkan dengan sebuah diary. Tak heran bila ada yang menyebut blog sebagai diary online. Tapi pengertian ini justru membuat blog dipandang sebagai makhluk yang nggak jelas, ambigu, dan ambivalen. Ya, di satu pihak yang menyatakan bahwa blog tak lain tak bukan adalah sejenis diary, pastilah sifatnya sangat personal, pribadi, dan rahasia.
Tapi tidak demikian dengan blog yang ternyata siapapun orangnya, darimanapun asalnya, dapat mengakses, melihat, dan membaca diary tersebut. Apa jadinya kalau ada seseorang yang membaca diary kita? Marah? Kesal? Sedih? Eits, ini tak berlaku lagi pada makhluk yang bernama blog. Setiap orang memang sah melihat, membaca, dan mengambil pemikiran kita yang kita tulis di blog kita.

Sejarah Blog
Dulu sebelum banyak orang yang ingin kegiatan sehari-hari, ide, dan pemikirannya, diketahui orang lain, seseorang lebih banyak menuliskan catatan pribadi ke dalam sebuah buku. Tapi kini, tren nge-blog yang hampir diakrabi oleh semua kalangan, termasuk remaja, memungkinkan seseorang berbagi informasi dan gagasan pada orang lain di seluruh dunia.
Sebelum blog muncul, sejak tahun 1993 beberapa komunitas digital telah mempunyai beberapa forum diskusi seperti Usenet, Milis, dan BBS. Lebih dulu, yaitu di tahun 1990, sebuah software forum internet yaitu WebEx, dibuat dengan sistem percakapan berdasarkan urutan pesan. Semua ini adalah cikal bakal hadirnya layanan web blog bagi pengguna internet. Ada banyak versi yang menyebutkan awal diciptakanya blog. Justin Hall, misalnya, yang diklaim sebagai orang yang pertama kali membuat blog pribadi pada tahun 1994. John Barger juga disebut-sebut sebagai orang pertama yang menciptakan web blog pada Desember 1997. Namun istilah “blog” itu sendiri dipopulerkan oleh Peter Merholz pada April 1999.
Peralatan utama yang dibutuhkan dalam membuat blog adalah sebuah PC dengan koneksi internet. Pembuatannya juga sangat mudah, hampir sama dengan membuat atau mengisi account pada awal pembuatan e-mail. Kita hanya perlu mengunjungi web hosting yang memiliki layanan untuk pembuatan blog. Berikut adalah beberapa layanan blog gratis di internet, antara lain :
http://www.blogger.com;
http://www.wordpress.com;
http://www.multiply.com;
http://www.livejournal.com;
http://www.blogspot.com;
http://www.typepad.com;
spaces.live.com;
http://www.blogdrive.com;
http://www.bloglines.com;
http://www.blogsome.com;
http://www.blogboleh.com;
edublogs.org;
http://www.tblog.com;
http://www.fotolog.com;
http://www.blogsboom.com;
http://www.blog.com;
http://www.diaryland.com;
http://www.xanga.com;
http://www.podomatic.com;
dll.

Bisa Apa Dengan Blog?
Percaya nggak tulisan-tulisan yang ditulis di blog bisa berubah menjadi buku. Bukan sulap bukan sihir, tring !Nggak percaya? Coba saja tanya mas Raditya Dika. Bukunya yang berjudul Kambing Jantan awalnya adalah catatan harian yang ia buat di blog. Beberapa tahun lalu, para blogger Indonesia di Multiply juga menerbitkan buku perdana mereka. One Gigabyte of Love. Buku tersebut berisi kumpulan kisah-kisah yang ditulis para blogger multiply. Dan, masih buaanyak lagi buku yang terbit dari tulisan-tulisan di blog dikenal dengan istilah blook.
Wah, berarti punya blog bisa memungkinkan kita untuk jadi penulis dong? Jawabnya : Iya! Tapi sebelum berpikir nun jauh ke sana, intip dulu nih manfaat-manfaat yang bisa diambil dari nulis dan punya blog :

1. Sarana Mengekspresikan Ide dan Pendapat
Blog adalah sarana untuk dapat mengeluarkan segala ide, pemikiran, gagasan, dan saran dengan bebas tanpa dibatasi oleh siapapun. Ya, karena blog itu kan milikmu, jadi kamu bisa menuliskan apapun sesukamu, mulai dari perasaan pribadi, sampai pada komentarmu mengenai apa dan siapapun. Pokoke, blog bisa buat ngeluarin unek-unek tanpa harus ada yang marah sama kamu. Tapi kalau banyak yang mengomentari tulisanmu atau idemu, kamu bisa perang ide juga, lho!

2. Melatih Kemampuan Berpikir
Apa hubungannya? Ada dong. Dengan memiliki blog, mau nggak mau kamu pasti nulis, toh? Nah, nulis inilah yang sebenarnya menjadi latihan berpikir. Karena seperti kata mas Joni Ariadinata, menulis adalah latihan logika. Dengan menulis di blog, yang risikonya juga kamu tahu; akan dilihat oleh banyak orang, kamu berupaya untuk menyajikan pikiranmu secara terstruktur dan mudah dimengerti oleh para pembaca.

3. Media Komunikasi
Blog dapat dijadikan media komunikasi? Oh, jelas! Melalui blog, kamu dapat berinteraksi dengan orang-orang baru, teman lama, atau relasi sehingga dapat memperlancar interaksi serta silaturahmi yang lebih efisien dan efektif.

4. Media Promosi
Di era perdagangan bebas ini, media blog juga dimanfaatkan untuk mengenalkan barang yang akan kita tawarkan. Promosi tak melulu masalah jualan barang atau sesuatu. Kita bisa loh mempromosikan pensi sekolah lewat blog yang kita bikin. Bahkan sekarang-sekarang ini banyak juga politisi kita memanfaatkan blog untuk mempromosikan mereka kepada masyarakat. Cara ini dinilai ampuh dan mungkin irit.

So, jangan cuma curhat!
Ternyata blog emang punya manfaat yang segambreng, ya. So, kalo kamu udah punya blog nggak ada salahnya untuk memanfaatkannya secara optimal. Tapi coba inget kutipan hadits ini dulu yang kira-kira isinya: “Sebaik-baiknya kamu adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”. Nah, prinsip ini seharusnya tertanam dalam setiap tindak tanduk kita sebagai remaja muslim.
Trus, apa kaitannya sama nge-blog? Ya adalah, guys! Biar aktivitas nge-blog bisa ngasih manfaat buat diri dan orang lain dan dapat bernilai ibadah, so…. sudah saatnya tulisan dalam blog kamu juga yang mampu membawa manfaat bagi orang lain. Misalnya, dengan menampilkan berbagai postingan yang isinya tentang informasi yang kontekstual, tentang info pendidikan, perkembangan teknologi, sosial-politik, atau lainnya. Pokoknya, isi blog jangan cuma curhat colongan atau promosi diri secara berlebihan (ketahuan deh narsisnya)! Emang nggak capek curhat lewat blog sampe jempol jeblog?!***!@#$%^&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s