Seledri dan Kumis Kucing Atasi Hipertensi

24

Daun Seledri (Apium Graveolens) dan Kumis Kucing (Orthosiphon Stamineus Benth) telah lama dikenal sebagai obat tradisional berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

1Baru-baru ini Dr. Siti Fadillah Supari SpJP dari Departemen Kardiologi, Fakultas kedokteran UI membuktikan hal itu melalui sebuah penelitian medis. Laporannya, yang dimuat di Medical Journal of Indonesia, menyimpulkan bahwa seledri da kumis kucing dalam bentuk fitofarmaka memiliki efek yang sama dengan Amlodipin, obat yang selama ini terbukti efektif mengontrol hipertensi dan banyak dipakai oleh kalangan medis.
3 Penelitian dilakukan pada 142 orang penderita hipertensi ringan dan sedang (tekanan darah diastolik 95-114 mmHg dan tekanan darah diastolik 160-199 mmHg) selama 12 minggu. Sebagian diberi obat seledri dan kumis kucing dalam bentuk fitofarmaka, sebagian lagi diberi obat Amlodipin.
Setelah 12 minggu diamati, ternyata tidak ada perbedaan bermakna antara efek seledri dan kumis kucing dibandingkan dengan Amlodipin. Seledri dan kumis kucing dapat menurunkan tekanan darah hingga kurang lebih normal, meskipun waktunya tak secepat Amlodipin. Fitofarmaka ini juga tak memiliki efek samping bermakna terhadap diuresis, kadar gula darah, dan kadar lipid hingga aman dipakai oleh penderita hipertensi. Selain itu, efeknya terhadap penurunan libido, denyut nadi lambat, dan lain-lain juga cukup kecil, dan hal itu sama terjadi pada pemakaian Amlodipin.

Kandungan
Dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan, seledri mengandung minyak atsiri, protein, kalsium, garam mineral fosfat, vitamin A, B, dan C. Batangnya yang tebal diperkaya oleh apiin dan apigenin. Zat terakhir ini memiliki efek memperluas diameter pembuluh darah (vasodilatasi) yang efeknya sama dengan obat hipertensi jenis penghabat saluran kalsium.
Sementara itu ekstrak daun kumis kucing mengandung Methyl-Ripariochromene (MRC) yang mempunyai efek vasodilatasi serta menurunkan aliran darah dari jantung. Zat aktif ini juga mempunyai efek diuresis, yaitu memancing pengeluaran cairan urin. Dampak dari seluruh efek ini akan menurunkan tekanan darah seperti halnya obat hipertensi modern.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s